Kamis, Februari 24, 2005

Hukum 250

Hukum 250


Dear Rekans,

Sekali lagi tentang pak Joe Girard, si sales mobil.

Begini ceritanya:
Dalam karirnya sebagai sales, beliau menemukan kenyataan unik yang membantunya mengembangkan branding sebagai salesman terpercaya, yang
kalo dipikir2 ya.. biasa aja, tapi kenapa bisa luput ya dari pengamatan orang-orang kebanyakan ..

Ini pengamatannya:

Di kotanya, setiap individu paling gak mengenal atau dikenal oleh 250 orang lainnya (bagaimana pak Joe mendapatkan angka 250 merupakan
cerita tersendiri, cukup panjang, ntar bosen).

Kalau di lingkungan kita mungkin angkanya beda ya? tapi intinya setiap individu yang normal pasti punya kenalan yang cukup banyak.
Hubungannya dengan usahanya pak Joe seperti apa?

Begini,
Kalau ada pebisnis yang mengecewakan pelanggan, kira2 apa akibatnya?

Pertama, pelanggan yang kecewa tadi akan cerita ke keluarganya tentang kekecewannya pada pebisnis itu
Besoknya di akan cerita ke teman2 kantor tentang kekesalannya. Pada saat lari pagi di boulevard, ketemu tetangga dan keluar lagi
cerita tentang kejengkelannya .. dst dst
ditambah lagi: keluarga/rekan kerja/tetangga akan cerita juga kpd teman/rekan/handai tolan dengan lebih mendramatisir keadaan

maka tersebarlah dengan cepat berita tentang betapa brengseknya usaha pebisnis itu tadi .. dalam sekejap, hancurlah reputasi pebisnis tadi di mata banyak orang hanya gara2 seorang pelanggan yang kecewa

Kalau sebaliknya, kita memberikan pelayanan yang istimewa kpd setiap pelanggan.
Dengan efek yang sama, keistimewaan usaha kita akan cepat tersebar juga ..

(.. eh, bakso di ruko sana enak deh, tempatnya sejuk gak sumpek, pelayanannya cepat, kasirnya apalagi .. cantiknya ..ruarrr biasa.. (dasar !))

Oleh pak Joe hal ini dinamai "hukum 250"

Bottom line:
Kalau dihadapkan pada kondisi antara merugi sedikit vs mengecewakan seorang pelanggan, ingatlah saya .. eh .. ingatlah pak Joe dengan hukum 250nya. Sekali seorang pelanggan kecewa, ingatlah besok akan ada sekian orang yang gak mau lagi berhubungan bisnis dgn anda ..

Kalau dihadapkan pada pilihan memberikan pelayanan seadanya vs pelayanan istimewa, ingat juga hukum 250 pak Joe. Setiap pelanggan berpotensi menjadi wasilah/perantara bagi sekian banyak pelanggan baru yang tentu akan lebih menggembungkan pundi2 anda.

semoga bermanfaat

0 Comment:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, atau tamba informasi anda jika ada.

 

Chat With Girls

Sumber Dana

Term of Use

Semua bebas di copy paste tanpa syarat dan ketentuan apapun, semua artikel tidak perlu anda percaya anggap saja dongeng mitos atau apapun itu menurut anda. Karena jika anda percaya kehidupan anda akan berubah, perkumpulan rahasia or secret societies akan terus memburu anda dan berkata semua ini hanya kebohongan.
Copyright © 2004-2009 by Bisnis Manado