indogambler.com

Rabu, November 05, 2008

Syarat dan ketentuan Internet Banking BCA

SYARAT DAN KETENTUAN / TERMS AND CONDITIONS


English Version
Cetak

Syarat dan ketentuan Internet Banking
PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. ("BCA")

A. REGISTRASI INTERNET BANKING BCA

1. Setiap nasabah yang menyimpan dana di BCA (“Nasabah”) dan mempunyai kartu yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan di ATM BCA (“Kartu ATM BCA”) berhak untuk menikmati fasilitas Internet Banking BCA (“IB BCA”).



2. Untuk dapat menggunakan fasilitas IB BCA, Nasabah harus memiliki identitas pengguna IB BCA ("User ID") dan nomor identifikasi pribadi IB BCA ("PIN") yang diperoleh pada saat Nasabah melakukan registrasi di mesin ATM BCA.



3. Nasabah juga dapat melakukan registrasi fasilitas IB BCA di Customer Service kantor cabang BCA. Dalam hal Nasabah melakukan registrasi fasilitas IB BCA di Customer Service kantor cabang BCA, User ID akan dikirimkan melalui e-mail yang didaftarkan pada saat registrasi dan PIN yang digunakan pertama kali adalah PIN Kartu ATM BCA.



B. TRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING BCA

1. Untuk melakukan transaksi finansial melalui IB BCA, Nasabah harus memiliki KeyBCA.



2. Nasabah harus mengisi semua data yang dibutuhkan untuk setiap transaksi secara benar dan lengkap.



3. Pada setiap transaksi finansial, sistem akan selalu melakukan konfirmasi terhadap data yang diinput Nasabah dan Nasabah mempunyai kesempatan untuk membatalkan data tersebut dengan menekan tombol 'Cancel' atau 'Batal'.



4. Nasabah selain menginput User ID dan PIN wajib pula menginput angka yang dihasilkan dari KeyBCA sebagai tanda persetujuan atas instruksi transaksi finansial.



5. Setiap informasi yang mendapat konfirmasi 'Submit' atau 'Kirim' dari Nasabah yang tersimpan dalam pusat data BCA merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti atas instruksi dari Nasabah kepada BCA untuk melakukan transaksi yang dimaksud, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.



6. BCA menerima dan menjalankan setiap instruksi dari Nasabah sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan User ID,PIN dan KeyBCA dan untuk itu BCA tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan pengguna User ID, PIN dan KeyBCA atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud, dan oleh karena itu instruksi tersebut sah mengikat Nasabah dengan sebagaimana mestinya, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.



7. Untuk transaksi dengan tanggal efektif hari ini, Nasabah tidak dapat membatalkan semua transaksi yang telah diotorisasi oleh Nasabah dengan menggunakan KeyBCA dan mendapat konfirmasi “Kirim” atau “Submit” dari Nasabah, karena dalam waktu yang sama BCA langsung memproses instruksi tersebut.



8. Untuk transaksi dengan tanggal hari yang akan datang atau transaksi berkala, Nasabah masih dapat membatalkan transaksi tersebut dengan mengotorisasi pembatalan menggunakan KeyBCA selambat-lambatnya pada 1 (satu) hari sebelum tanggal efektif/jatuh tempo transaksi yang bersangkutan.



9. Untuk transaksi dengan tipe tanggal hari yang akan datang atau transaksi berkala, transaksi akan diproses setiap awal hari. Dalam transaksi berkala, bila tanggal kedaluwarsa jatuh pada tanggal yang sama dengan tanggal efektif berkala yang ditentukan, maka transaksi tersebut tidak akan diproses pada hari tersebut.



10. Untuk transaksi transfer dana ke rekening bank lain dalam negeri, jika tanggal efektif transaksi jatuh pada hari libur bank, maka transaksi akan diproses pada hari kerja bank berikutnya.



11. Untuk transaksi transfer dana dalam mata uang berbeda menggunakan kurs Telegraphic Transfer (TT) yang berlaku di BCA.



12. Untuk setiap instruksi dari Nasabah atas transaksi yang berhasil dilakukan oleh BCA, Nasabah akan mendapatkan bukti transaksi berupa nomor referensi sebagai bukti transaksi tersebut telah dilakukan oleh BCA.



13. Nasabah wajib memastikan bahwa saldo dalam rekening Nasabah mencukupi sebelum instruksi transaksi dilaksanakan oleh BCA.



14. BCA berhak untuk tidak melaksanakan instruksi dari Nasabah, jika saldo Nasabah di BCA tidak mencukupi.



15. Nasabah wajib dan bertanggung jawab untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan instruksi transaksi. BCA tidak bertanggung jawab terhadap segala akibat apapun yang timbul karena ketidaklengkapan, ketidakjelasan data atau ketidaktepatan instruksi dari Nasabah.

C. KURS


Penukaran valuta asing, suku bunga dan kurs yang lain termasuk (namun tidak terbatas pada) kutipan bursa yang disediakan di IB BCA hanya merupakan indikasi dari kurs, kutipan atau informasi yang sebenarnya dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh BCA tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.




D. PEMBUKTIAN

1. Setiap instruksi transaksi finansial dari Nasabah yang tersimpan pada pusat data BCA dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada catatan, tape/cartridge, print out komputer, komunikasi yang ditransmisi secara elektronik antara BCA dan Nasabah, merupakan alat bukti yang sah, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.



2. Nasabah menyetujui semua komunikasi dan instruksi dari Nasabah yang diterima oleh BCA merupakan alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.

E. USER ID, PIN, KEYBCA DAN KEWAJIBAN NASABAH

1. Nasabah wajib tidak meninggalkan terminal dalam keadaan aktif (log-on), dengan kata lain harus melakukan logout setiap kali meninggalkan terminal.



2. Nasabah wajib mengamankan User ID dan PIN dengan cara :
- Tidak memberitahukan User ID dan PIN kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau tujuan apapun lainnya termasuk kepada anggota keluarga atau sahabat.

- Tidak menuliskan User ID dan PIN pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau pada aplikasi komputer atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.

- User ID dan PIN harus digunakan dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh orang lain.

- Tidak menggunakan PIN Internet Banking yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon dan lain-lain.

- Menggunakan komputer pribadi dalam mengakses IB BCA. Tidak menggunakan komputer yang diakses oleh banyak orang.






3. User ID yang diberikan oleh BCA bersifat permanen dan tidak dapat diubah, kecuali rekening ditutup.



4. Nasabah diberikan kebebasan untuk membuat PIN-nya sendiri pada saat registrasi di mesin ATM BCA.



5. Nasabah dapat melakukan inquiry User ID-nya sendiri melalui fasilitas registrasi IB BCA di mesin ATM BCA, apabila Nasabah tidak mengingat User ID-nya.



6. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua instruksi transaksi yang terjadi berdasarkan penggunaan User ID ,PIN dan KeyBCA yang dimiliki oleh Nasabah, kecuali Nasabah dapat membuktikan sebaliknya.



7. BCA berhak untuk memberikan User ID dengan kombinasi huruf dan angka tanpa harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Nasabah.



8. Nasabah wajib untuk segera memberitahukan kepada BCA apabila User ID dan atau PIN tersebut telah diketahui oleh orang lain. Segala instruksi transaksi berdasarkan penggunaan User ID,PIN dan KeyBCA yang terjadi sebelum pejabat yang berwenang dari BCA menerima secara tertulis laporan tersebut merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Nasabah.



9. Apabila Nasabah melakukan penggantian Kartu ATM BCA karena hilang/rusak, pada saat Nasabah mendapat Kartu ATM BCA baru, Nasabah dapat langsung melakukan login dengan menggunakan User ID yang lama. Selanjutnya pada saat pertama kali login Nasabah akan diminta untuk melakukan penggantian PIN Internet Banking.



10. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam butir E.9 Syarat dan Ketentuan ini tidak berlaku apabila Kartu ATM BCA yang hilang adalah kartu TAPRES atau kartu BCA Dollar. Dalam hal kartu TAPRES atau kartu BCA Dollar hilang, Nasabah harus melakukan penutupan terhadap rekening TAPRES atau BCA Dollar yang bersangkutan dan membuka rekening TAPRES atau BCA Dollar yang baru. Oleh karena itu Nasabah harus melakukan registrasi IB BCA kembali dengan menggunakan kartu TAPRES atau kartu BCA Dollar yang baru.




F. LIMIT

1. Berikut adalah Limit transaksi finansial :
Keterangan
Besar

Transfer dari Rupiah ke Rupiah
Rp. 100 juta per hari per User ID.

Transfer dari Rupiah ke Valas
Ekuivalen Rp. 15 juta per hari per User ID (merupakan bagian dari limit Rp. 100 juta)

Transfer dari Valas ke Rupiah
Ekuivalen Rp. 100 juta per hari per User ID

Transfer dari Valas ke Valas yang sama

Pembayaran
Sesuai dengan tagihan

Pembelian Pulsa Isi Ulang
Rp. 1,1 juta per hari per User ID (termasuk PPN). Limit ini merupakan limit gabungan pembelian pulsa isi ulang di ATM/ Mobile Banking/Pulsa Isi Ulang via SMS.






2. Limit transaksi tersebut merupakan limit yang terpisah dari limit Kartu ATM BCA yang digunakan untuk melakukan registrasi IB BCA di mesin ATM BCA, BCA atas pertimbangannya sendiri berhak setiap saat untuk mengubah besar limit untuk setiap transaksi.




G. ELECTRONIC MAIL ("E-MAIL")

1. Alamat E-Mail yang didaftarkan oleh Nasabah pada saat login pertama kali di IB BCA digunakan oleh BCA untuk mengirim informasi transaksi yang telah dilakukan oleh Nasabah melalui IB BCA.



2. BCA hanya mengirimkan informasi kepada alamat E-Mail yang telah dikonfirmasikan kebenarannya oleh Nasabah kepada BCA dan BCA tidak bertanggung jawab atas kebenaran alamat E-Mail tersebut.



3. BCA tidak menjamin keamanan informasi atau data yang dikirim kepada BCA melalui E-Mail yang tidak terdapat di IB BCA, yang tidak dalam format yang aman yang disetujui atau ditentukan oleh BCA.




H. BIAYA & KUASA DEBET REKENING

1. BCA berhak untuk mendebet biaya administrasi bulanan dan biaya transaksi yang dibebankan atas penggunaan fasilitas IB BCA dan transaksi yang dilakukan melalui IB BCA.



2. Bank berhak atas pertimbangannya sendiri untuk mengubah, menambah atau menarik biaya-biaya yang dibebankan kepada Nasabah atas penggunaan fasilitas IB BCA.



3. Nasabah dengan ini memberikan kuasa kepada BCA untuk mendebet rekening Nasabah di BCA atas semua transaksi yang diinstruksikan Nasabah kepada BCA melalui IB BCA dan untuk pembayaran biaya administrasi bulanan serta biaya transaksi atas penggunaan fasilitas IB BCA.



4. Kuasa ini akan berakhir apabila segala kewajiban Nasabah kepada BCA sudah terpenuhi.



I. PEMBLOKIRAN USER ID DAN PIN INTERNET BANKING

1. User ID dan PIN Nasabah akan diblokir jika melakukan hal berikut:
- Salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut pada saat login.

- Salah memasukkan angka dari KeyBCA sebanyak 3 kali berturut-turut pada saat melakukan transaksi finansial.

- Mengajukan penggantian Kartu ATM BCA dan atau dilaporkan Kartu ATM BCA hilang.

- User ID dan atau PIN dilaporkan telah diketahui oleh orang lain.

- Hasil penelitian BCA mengindikasikan adanya kemungkinan User ID dan PIN Nasabah telah diketahui oleh orang lain.






2. Apabila terjadi pemblokiran User ID dan PIN, Nasabah harus menghubungi Halo BCA dan melakukan registrasi ulang IB BCA di mesin ATM BCA.




J. FORCE MAJEURE


Nasabah akan membebaskan BCA dari segala tuntutan apapun, dalam hal BCA tidak dapat melaksanakan instruksi dari Nasabah baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab diluar kekuasaan atau kemampuan BCA, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan BCA.




K. PENGAKHIRAN LAYANAN


Layanan IB BCA akan berakhir jika Nasabah mengakhiri penggunaan Kartu ATM BCA atau menutup semua rekening yang terhubung di Kartu ATM BCA.




L. KETENTUAN KEYBCA


Nasabah dengan ini terikat dan tunduk pada ketentuan-ketentuan KeyBCA yang diatur oleh BCA dan segala perubahannya dalam bentuk apapun yang akan diberitahukan kepada Nasabah melalui sarana apapun.





Versi Bahasa Indonesia
Print



PT BANK CENTRAL ASIA Tbk (“BCA”)

Internet Banking

Terms and Conditions

A. BCA INTERNET BANKING REGISTRATION

1. Every customer depositing fund with BCA (the “Customer”) and in possession of a card used for banking transactions at BCA ATM (“BCA ATM Card”) shall have the right to use the BCA Internet Banking (“BCA IB”) facilities.



2. To make use of the BCA IB facilities, the Customer must have BCA IB user’s identity (“User ID”) and BCA IB personal identification number (“PIN”) made available once the Customer engages registration at the BCA ATM machine.



3. The Customer may also engage registration with the BCA IB facilities at the Customer Service of BCA branch office. If the Customer engages registration with the BCA IB at the Customer Service of BCA branch office, User ID will be sent through e-mail which has been previously registered and the PIN to be first used is the BCA ATM Card PIN.



B. TRANSACTIONS UNDER BCA INTERNET BANKING

1. For engaging financial transactions through BCA IB, the Customer must have KeyBCA.



2. The Customer must fill all the data required for each transaction correctly and comprehensively.



3. For each financial transaction, the system will at all times confirm the data entered by the Customer and the Customer shall have option to cancel such data by pressing the “Cancel” or “Batal” button.



4. The Customer shall, in addition to entering User ID and PIN, also enter the figure produced by KeyBCA as evidence of consent for the instruction of the financial transaction.



5. Unless as otherwise proved by the Customer, any information with “Submit” or “Kirim” confirmation from the Customer as maintained in the BCA data center constitutes correct data received as evidence of the Customer’s instruction to BCA for executing the transaction.



6. Unless as otherwise proved by the Customer, BCA accepts and performs any Customer’s instruction as being valid on the basis of User ID, PIN and KeyBCA, and accordingly, BCA shall have no obligation to asses or investigate the genuineness or validity or authority of the user of the User ID, PIN and KeyBCA or assess or prove the accuracy or comprehensiveness of the instruction, and thereby the instruction legally and duly binds the Customer.



7. The Customer may not cancel the transactions with effective date of today as being authorized by the Customer using KeyBCA and with “Submit” or “Kirim” confirmation from the Customer as at the same time BCA directly executes such transactions.



8. The Customer may cancel the transaction(s) with effect as of a future date or periodical transactions by authorizing cancellation using KeyBCA in not later than 1 (one) day prior to the effective/maturity date of the relevant transaction(s).



9. Future date or periodical transactions will be processed in the early hours of each day. Should the maturity date of the periodical transactions falls on the same date with the periodical effective date as set, they will not be processed on such date.



10. Transactions of fund transfer to another local bank(s) with effective date coinciding with the bank’s off-day(s) will be processed on the following bank’s business day(s).



11. Transactions of fund transfer in different currencies will be subject to the Telegraphic Transfer (TT) exchange rate prevailing in BCA.



12. For each instruction from the Customer for transaction(s) completed by BCA, the Customer will be furnished with evidence in the form of reference number as evidence of completion by BCA of the transaction(s).



13. The Customer shall ensure that the balance of his/her account is sufficient prior to completion by BCA of the transaction instruction.



14. BCA has the right not to perform the Customer’s instruction if the Customer’s balance with BCA is insufficient.



15. The Customer shall and is responsible to ensure accuracy and comprehensiveness of the transaction instruction. BCA shall not be responsible for any effect resulting from the non-comprehensiveness, non-clarity of the data, or inaccuracy of the Customer’s instruction.

C. EXCHANGE RATE

Exchange of foreign currencies, interest rate and other exchange rate including (but not limited to) stock exchange quotation provided by BCA IB shall constitute indication only of the actual exchange rate, quotation, or information, and is subject to change by BCA without prior notice.




D. EVIDENCE

1. Unless as otherwise proved by the Customer, any instruction of financial transaction from the Customer as maintained by the BCA data center in any form including but not limited to records, tapes/cartridges, computer print-outs, communications electronically transmitted between BCA and the Customer constitutes valid instrument of evidence.



2. The Customer agrees that all communications and instructions from the Customer received by BCA constitute valid instrument of evidence despite the absence of written document to that effect or non-issuance of a signed document.

E. USER ID, PIN, KEYBCA AND CUSTOMER’S OBLIGATIONS

1. The Customer shall not leave the terminal in active mode (log on), and shall in other words, log out each time leaving the terminal.



2. The Customer shall secure User ID and PIN by ways of :
- Not informing User ID and PIN to other party(ies) including family members or close friends for obtaining a reward or for any other purposes.

- Not writing User ID and PIN on a table, terminal or storing the same in written form or in the computer application or such other means of storage accessible by other party(ies).

- Cautious use of User ID and PIN for illegibility by other party(ies).

- Not using Internet Banking PIN provided by other party(ies) or that which is easy to guess, such as birthdays or their combination, telephone numbers, and so forth.

- Using personal computer in accessing the BCA IB. Not-using computer accessed by a large number of parties.






3. User ID provided by BCA is permanent in nature and unalterable unless the account is closed.



4. The Customer is given the liberty to produce his/her own PIN upon registration at the BCA ATM machine.



5. The Customer may conduct inquiry of his/her own User ID through the BCA IB registration facilities at the BCA ATM machine if the Customer fails to recall his/her User ID.



6. Unless as otherwise proved by the Customer, the Customer is fully responsible for all the transaction instructions occurring based on the use of the Customer’s User ID, PIN and KeyBCA.



7. BCA has the right to provide User ID with combination of letters and figures without the Customer’s prior consent.



8. The Customer shall immediately report to BCA in case the User ID and/or PIN has/have been recognized by other party(ies). All transaction instructions based on the use of User ID, PIN and KeyBCA occurring before the BCA authorized officer receives the report in writing, shall become the sole responsibility of the Customer.



9. Should the Customer change the BCA ATM Card due to loss/damages, the Customer may, after the new BCA ATM Card is received, directly log in using the old User ID. The Customer shall, on the first log in, be required to change the Internet Banking PIN.



10. With respect to the provisions as referred to in section E.9, these Terms and Conditions shall not be applicable to the lost TAPRES or BCA Dollar Card in which case the Customer shall close the relevant TAPRES or BCA Dollar account and open the new TAPRES or BCA Dollar account. Accordingly, the Customer shall conduct re-registration of the BCA IB using the new TAPRES or BCA Dollar Card.




F. LIMIT

1. Financial transaction limits are as follows :
Particulars
Amount



Rupiah to Rupiah transfer
Rp. 100 million per day, per User ID.

Rupiah to Foreign Exchange transfer
Equal to Rp. 15 million per day, per User ID (forming part of Rp. 100 million limit)

Foreign Exchange to Rupiah transfer


Equal to Rp. 100 million per

day, per User ID

Foreign Exchange to the same Foreign Exchange transfer

Payment
In line with the invoice

Purchase of toll refill
Rp. 1,1 million per day, per User ID (including VAT). This limit is composite limit of purchase of toll refill through ATM/ Mobile Banking/Toll Refill via SMS.




2. Such transaction limit is separate from that of BCA ATM Card used to register BCA IB at the BCA ATM machine. BCA has, at its sole discretion, the right to change at any time the limit amount for each transaction.




G. ELECTRONIC MAIL (“E-MAIL”)

1. The E-Mail address as registered by the Customer on the first log in with BCA IB is used by BCA to send information on the transaction completed by the Customer through BCA IB.



2. BCA will only send the information to the E-Mail address confirmed as correct by the Customer to BCA, and BCA is not responsible for the correctness of such E-Mail address.



3. BCA shall not guarantee the security of information or data sent to BCA through E-Mail which is not available in BCA IB, not being in such secured format as approved or directed by BCA.




H. FEE & AUTHORIZATION FOR ACCOUNT DEBITING

1. BCA has the right to debit the monthly administration and transaction fee charged for the use of the BCA IB facilities and transactions completed through BCA IB.



2. BCA has the right, at its sole discretion, to change, add or collect such fee as charged to the Customer for the use of the BCA IB facilities.



3. The Customer hereby authorizes BCA to debit his/her BCA account for all transactions as instructed by the Customer to BCA through BCA IB and for the payment of the monthly administration and transaction fee for the use of the BCA IB facilities.



4. This authorization terminates once all the Customer’s obligations to BCA are complied with.



I. USER ID AND INTERNET BANKING PIN BLOCKING

1. The Customer’s User ID and PIN will be blocked in the following cases :
- Wrong entry of PIN for 3 consecutive times during log in.

- Wrong entry of figures from KeyBCA for 3 consecutive times during financial transaction.

- Application for replacement of BCA ATM Card and/or report on the loss of the BCA ATM Card.

- User ID and/or PIN is/are reportedly known by other party(ies).

- Indication of possible knowledge by other party(ies) of the Customer’s User ID and PIN resulting from BCA’s investigation.




2. In case of User ID and PIN blocking, the Customer shall contact Halo BCA and conduct re-registration of BCA IB at the BCA ATM machine.




J. FORCE MAJEURE


The Customer shall hold BCA harmless from any claim if BCA fails to perform the Customer’s instruction, either in part or in whole, due to events or causes beyond the control or competence of BCA including but not limited to natural disaster, war, riot, non-functioning equipment, system or transmission, power breakdown, telecommunication hazard, government policy, and such other events or causes beyond the control and competence of BCA.




K. TERMINATION OF SERVICE


The BCA IB service terminates upon termination of use of BCA ATM Card or closure of all accounts connected to the BCA ATM Card.




L. PROVISIONS ON KEYBCA


The Customer hereby binds him/herself and is subject to the KeyBCA provisions as regulated by BCA along with all amendments thereto in any form as will be notified to the Customer through any means.

1 Comment:

Anonim mengatakan...

halo, saya mahasiswa ABFI Perbanas, mau mengadakan penelitian untuk nasabah internet banking BCA. boleh kah anda menjadi salah satu respondent saya? kalau boleh email ke adam_boarha@yahoo.com

terima kasih atas bantuannya.

Kemal Adam

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, atau tamba informasi anda jika ada.

 

Chat With Girls

Sumber Dana

Term of Use

Semua bebas di copy paste tanpa syarat dan ketentuan apapun, semua artikel tidak perlu anda percaya anggap saja dongeng mitos atau apapun itu menurut anda. Karena jika anda percaya kehidupan anda akan berubah, perkumpulan rahasia or secret societies akan terus memburu anda dan berkata semua ini hanya kebohongan.
Copyright © 2004-2009 by Bisnis Manado