Senin, Mei 22, 2006

Mencermati Nilai Sepenggal Iklan PopUp

Jakarta, Sejauh ini, spyware yang paling umum ditemukan adalah apa yang sering disebut oleh pembuatnya sebagai adware, yakni aplikasi advertising yang berfungsi memonitor alamat situs mana saja yang dituju oleh para pengguna komputer pada saat online. Kemudian data-data kebiasaan browsing tersebut digunakan untuk membombardir pengguna dengan iklan PopUp yang sesuai dengan kebiasaannya.

Kenapa para pengguna sering merasa biasa saja terhadap iklan PopUp ini? Pada banyak kasus, sebenarnya para pengguna keberatan dan sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bagaimana aplikasi ini bisa ada dalam PC mereka. Namun para pemilik iklan PopUp yang menggunakan aplikasi advertising ini mengklaim bahwa mereka menolong program-program dan situs yang biasa dituju para pengguna, bahkan mereka mengatakan iklan ekstra tersebut adalah 'value proposition' yang penting guna menjaga program dan situs yang mereka bantu untuk dapat diakses oleh pengguna secara gratis.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'value proposition' tersebut? Apakah para pengguna mendapatkan sesuatu yang substansial sebagai ganti dari pembombardiran dari ekstra iklan PopUp?

Value Proposition

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perusahan antivirus Trend Micro dalam tulisannya yang diterima detikINET, Minggu (21/5/2006), mencontohkan sebuah iklan PopUp memanjang dari pembuat aplikasi advertising Claria.

"Iklan-iklan tersebut mempromosikan sebuah program yang disebut Precision Time, yang mana membantu para pengguna dalam menyamakan waktu yang ada pada komputer para penguna dengan waktu dunia. Iklan ini terkesan sangat bermanfaat, namun ada hal lain dibelakangnya, di dalam Windows XP hal ini sudah termasuk dalam fitur yang tersedia. Sehingga bagi para pengguna XP, penawaran aplikasi Precision Time menjadi tidak ada artinya," tulis Trend Micro.

Selain itu, Precision Time dapat mengontrol siklus CPU, memori, dan ruang pada disk sang pengguna. Hal itu menunjukkan bahwa iklan PopUp Claria tersebut mengganggu dan iklan tersebut mampu mengirim ke server Claria catatan-catatan mengenai situs apa saja yang dikunjungi oleh pengguna yang memiliki iklan PopUp Claria di komputernya.

Iklan PopUp itu dan kemampuannya dalam mencatat data para pengguna sangat berharga bagi Claria. Menurutnya, Claria menjual lokasi beriklan dengan harga sangat tinggi, dan Claria juga menjual akses untuk melakukan 'penelitian' terhadap kebiasaan browsing para pengguna kepada siapa saja yang berminat. Namun untuk beberapa tipe pengguna, aplikasi Precision Time membawa dampak lebih parah lagi dari aplikasi yang tidak berguna. Iklan PopUp dan upaya pencatatan yang dilakukan aplikasi ini sangat mengganggu dan tidak diinginkan.

"Sudah tentu Claria bukan satu-satunya merek yang melakukan hal ini. Ratusan bahkan ribuan situs yang memunculkan iklan PopUp dengan label 'Website Access by Zango Search Tools. Jika seorang pengguna menolak penginstalan program 180Solutions, sebuah aplikasi iklan Zango, iklan PopUp itu akan terus menerus muncul."

"Dengan terus menerus dibombardir oleh iklan PopUp, seorang pengguna akan berpikir bahwa aplikasi Zango adalah aplikasi yang diperlukan untuk dapat membuka situs tersebut dengan baik. Namun sebenarnya, jika pengguna tersebut menginstal aplikasi 180 Zango, maka pengguna itu telah membiarkan privasinya hilang dan terus menerus akan diganggu oleh iklan PopUp."

Terminologi Adware

Meskipun terminologi adware kerap digunakan sebagai sebuah program seperti aplikasi 180Solutions dari Zango dan Claria, sebenarnya terminologi ini cukup menyesatkan. Program-program tersebut memang menampakan iklan, dan program tersebut memang benar aplikasi, maka makna kata 'adware' untuk sekilas akan terlihat benar.

Trend Micro menyebut usaha adware itu mengandung resiko terjadi penyesatan, terutama terhadap aplikasi pendukung iklan yang sudah ada jauh sebelum aplikasi iklan PopUp itu hadir, serta dengan usaha iklan lain yang resmi memberikan benefit baik berupa bayaran atau hadiah bagi orang yang mau menerima iklan PopUp.

"Sebagai contoh AOL Instant Messenger (AIM) menampilkan iklan, dan iklan-iklan ini adalah sumber penghasilan yang jelas dari AIM. Namun AIM tidak mengganggu penggunanya dengan iklan PopUp yang mengganggu. Iklan AIM 'duduk tenang' di ujung jendela messenger AIM. Selain itu AIM juga tidak mencoba melacak kebiasaan browsing penggunanya. Hal yang sama juga terjadi pada instant messenger lain seperti dari Microsoft dan Yahoo, serta aplikasi pendukung iklan lainnya seperti yang dimiliki Eudora, Gmail, dan sebagian besar search engine," tuturnya.

Pemilik adware kerap bersembunyi pada daerah abu-abu dari peraturan untuk tetap beroperasi. Ketika seorang pengguna mengklik tombol atau link yang menandakan "I agree", itu sudah cukup kuat bagi para pemilik adware untuk melakukan klaim bahwa itu merupakan pilihan sang pengguna sendiri. Sebab dengan mengklik tombol atau link tersebut, sang pengguna dianggap 'mengingini' program tersebut.

Saat ini dalam praktiknya, pemilik adware menggunakan tipuan dengan membundel adware mereka sehingga para pengguna dibuat seolah-olah berkenan menginstal aplikasi yang sebenarnya tidak mereka inginkan. Jika seorang pemilik adware menawarkan program Smiley, Screensaver, atau program apapun yang tidak anda minta, ingat untuk mengatakan tidak. "Just Say No

0 Comment:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, atau tamba informasi anda jika ada.

 

Chat With Girls

Sumber Dana

Term of Use

Semua bebas di copy paste tanpa syarat dan ketentuan apapun, semua artikel tidak perlu anda percaya anggap saja dongeng mitos atau apapun itu menurut anda. Karena jika anda percaya kehidupan anda akan berubah, perkumpulan rahasia or secret societies akan terus memburu anda dan berkata semua ini hanya kebohongan.
Copyright © 2004-2009 by Bisnis Manado