Jumat, Juni 30, 2006

Unfication Church

Didirikan oleh Sun Myung Moon (artinya, orang yang telah mendapatkan kebenaran) di Seoul Korea Selatan pada tahun 1954. Sun Myung Moon sendiri dilahirkan pada tahun 1920 di Korea Utara. Pada tahun 1972, dia pindah ke Amerika dan membuat kejutan dengan mengadakan pernikahan massal, di mana dua ribu pasangan hadir untuk mendapatkan pemberkatan pada tahun 1984. Saat ini, Unification Church telah merambah hampir ke 150 negara, termasuk di kawasan Rusia.

Beberapa ajaran Unification Church antara lain, sebagai berikut:

a. Mereka mempunyai keyakinan bahwa Tuhan adalah unik dan merupakan zat tunggal (single being), sehingga. mendekati pada keyakinan atas monoteisme. Tuhan adalah sumber kesempurnaan dan karenanya mempunyai nilai-nilai yang bersifat cerdas, serta kuat dan jantan. Sedangkan, Roh Kudus yang diyakini umat Kristen selama ini dinilai oleh gereja Unifikasi sebagai jiwa yang mengandung sifat-sifat kelembutan (feminin).

b. Adam dan Hawa diyakini telah melakukan hubungan seksual di luar pernikahannya, di surga. Kemudian Hawa berbuat dosa besar dengan melakukan perselingkuhan dengan setan Lucifer (Eve had an affair with the Lucifer) yang menyebabkan Hawa menjadi lambang nafsu yang menurun kepada umat manusia. Dosa keduanya itu menyebabkan setan mampu melakukan kendali terhadap manusia di muka .bumi. Gereja Unifikasi berhubungan erat. dengan Komunis yang dianggapnya sebagai bentuk ideologi yang terlahir dari peristiwa pertikaian kelas antara Kabil dan Habil.

c. Yesus adalah manusia pilihan yang terlahir tanpa dosa turunan, dan dia mati sebagai manusia. Sedangkan, yang dimaksudkan dengan kebangkitannya adalah dalam bentuk semangat atau ajarannya yang rnurni bukan bangkit dalam bentuk fisik. Dengan kebangkitan ajarannya itu menyebabkan setiap orang rnampu menjadi "Yesus" atau menjadi "juru selamat.". Mereka yang menjalankan misi Yesus berhak menerima anugerah untuk bersanding dengan Yesus, pada saat dia mati.

d.Salah satu tujuan dari Unification Church yang diilhami oleh gerakan Ilmunasi Komunis adalah membangun satu gereja dunia yang satu, mempersatukan seluruh ajaran agama, khususnya agama Kristen yang telah terserak di bawah pengawasan Unification Church.

Walaupun tidak dimasukkan ke dalam ajarannya yang resmi, para pengikut Unification Church yakin bahwa Yesus dilahirkan kembali antara tahun 1917 dan 1930 di Korea. Dia akan dikenal sebagai manusia sempurna yang akan menikahi wanita sempurna pula untuk mengemban misi sebagai "bapak" dari seluruh umat manusia (true spiritual parents of humankind). Dan para pengikutnya yakin bahwa yang dimaksudkan adalah Sun Myung Moon yang telah menikah dengan Han Ja Han sebagai reinkarnasi dari Adam dan Hawa.

f. Pernikahan massal diantara anggota merupakan salah satu ciri ajaran Unification Church. Para anggota gereja diwajibkan hanya menikah dengan sesama anggotanya dengan cara saling mengenal, kemudian mereka dinikahkan oleh pimpinan gereja melalui pemberkatan yang disebut "perayaan pemberkatan" (the holy wine ceremony). Selama tiga hari sampai satu minggu, para pasangan dilarang melakukan hubungan seksual walaupun sudah resmi dinikahkan.

g. Jemaat Unification Church merayakan beberapa hari besarnya antara lain: Hari Tuhan, Hari Orang Tua, Hari Kanak-Kanak, dan Hari Kelahiran Orang Tua Kebenaran (True Parent's Birthday).

Dari aliran atau sekte-sekte tadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa sempalan tersebut banyak berasal dari cara penafsiran terhadap ketuhanan Yesus, berkaitan dengan beberapa ayat dalam Bibel yang diyakini sebagai kebenaran dan mendorong dirinya untuk mempropagandakannya kepada umat manusia. Aliran dengan segala macam pemahamannya tidak lain merupakan sebuah gerakan untuk memalingkan umat manusia dari keyakinannya beragama agar mengingkari keyakinannya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kesimpulan sebagai berikut:

a. Para pemimpin sekte tersebut merasa mendapatkan panggilan atau ditunjuk Tuhan untuk mengemban amanat suci atau wakil dari Yesus Kristus untuk mengajak umat manusia menuju kepada keselamatam (the salvation).

b. Sekte-sekte tersebut terobsesikan oleh isi Kitab Wahyu di dalam Perjanjian Baru tentang hari kiamat (the Armageddon) dan turunnya kembali Yesus untuk melawan kejahatan dan membangun dunia baru selama seribu tahun.

c. Beberapa sekte melihat hubungan antara bumi, manusia, dan makhluk angkasa luar (UFO), sebagaimana terlihat dalam ajaran Solar Templar dan Heaven's Gate.

d. Sekte-sekte yang ada di lingkungan Kristen tersebut mempunyai penafsiran tentang Tuhan sebagai tunggal dan tidak mengakui konsep Trinitas.

e. Beberapa sekte, khususnya setanisme sangat dipengaruhi oleh cara berpikir bebas yang disusupkan oleh gerakan "neo-zionisme-Iluminasi dan freemason", sehingga umat beragama kufur dari keimanan yang diyakininya selama ini. Sehingga secara keseluruhan, aliran dan pemahaman tersebut merupakan sebuah gerakan besar yang secara global membentuk satu konspirasi, jaringan, dan organisasi yang rapi untuk mengafirkan umat beragama (kafirisasi).

Sebenarnya masih banyak lagi aliran atau sekte. Dan akan terus berkembang sesuai dengan tujuan dari neo-zionisme dan Iluminasi, yaitu untuk menciptakan satu pemerintahan; satu moneter, satu agama, dan satu warga negara (novus ordo seclorum). Beberapa aliran memang tidak murni dari penafsiran Bibel, melainkan merupakan sinkretisasi atau dipengaruhi oleh agama-agama lokal, terutama Hindu. Misalnya, Hare Krisna, Eckankar, Saneria la Regla Rucumi, Scientology, dan Christian Science.

1 Comment:

Reqiyaqereh on Min Des 03, 02:04:00 PM 2006 mengatakan...

..Kisah-kisah Yesus dan roh kudus tak bisa dipisah dari konteksnya. Panen raya jiwa akan didapat bila konteksnya benar; Bila salah konteks maka jiwa hilang akan lebih banyak dari yang terpeluk.
Satu konteks pasti membawa jiwa dalam jaman Yesus, yaitu paradigma KEADILAN bukannya DOSA atau KESUCIAN yang menjadi tali PENGIKAT kerajaan Yesus...
Selanjutnya baca blog ini

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, atau tamba informasi anda jika ada.

 

Chat With Girls

Sumber Dana

Term of Use

Semua bebas di copy paste tanpa syarat dan ketentuan apapun, semua artikel tidak perlu anda percaya anggap saja dongeng mitos atau apapun itu menurut anda. Karena jika anda percaya kehidupan anda akan berubah, perkumpulan rahasia or secret societies akan terus memburu anda dan berkata semua ini hanya kebohongan.
Copyright © 2004-2009 by Bisnis Manado